Ringkasan Syllabus
MATERI : KAPITA SELEKTA PAI
Dosen Pembina : M. Iwan Fitriani, M.Pd
Kelas : A dan B
Semester : V
Ket :
1.
Pertemuan 1, 2 dan 3
mengunakan TCL dengan Metode Ceramah dan Tanya Jawab
2.
Pertemuan 4, 5 dan
sampai materi berakhir mengunakan SCL dengan Metode Diskusi Antar Mahasiswa/i
NO
|
MATERI
|
KeT
|
1
|
KONTRAK BELAJAR
|
Dosen Dan Mahasiswa
|
2
|
Mengkaji Ulang (Rethinking) Makna Pendidikan Islam
1. Pendidikan Islam Sebagai Lembaga
2. Pendidikan islam sebagai Materi
3. Pendidikan Islam Sebagai Aktivitas
4. Pendidikan Islam sebagai Nilai
5. Pendidikan islam sebagai Pemikiran/konseptual
|
Ceramah Dan Tanya Jawab
|
3
|
Paradigma Pemikiran Pendidikan Islam
1. Paradigma Tradisional
2. Paradigma Moderen
3. Paradigma New Modernis
4. Paradigma Liberal (aliran Kiri)
5. Implikasi Paradigma Pemikiran Pendidikan Islam Terhadap
Pendidikan Islam (PI) dan Pendidikan Agama Islam (PAI)
|
Ceramah Dan Tanya Jawab
|
4
|
Pendekatan Sistemik –Holistik dalam menelaah Idealita dan Realita
Pendidikan Islam
1. Makna Pendekatan Sistemik –Holistik
2. Aspek ideal Pendidikan Islam
3. Aspek Real Pendidikan Islam
4. Gap (kesenjangan) antara aspek ideal dan Real
5. Anasir/faktor faktor Gap (kesenjangan) antara idealita dan
realita dalam Pendidikan Islam
6. Pendekatan Holistik Sistemik : solusi alternatif
|
Ceramah Dan Tanya Jawab
|
5
|
PAI (sebagi materi) di Madrasah dan PAI (sebagai Materi) di sekolah
Umum
1. Mengapa PAI di Madrasah dirinci menjadi Akidah-Akhlak, SKI,
Fiqh, Bahasa Arab dan Qur’an Hadits?
2. Mengapa PAI di Sekolah umum hanya bernama PAI saja?
3. Optimalkah Pembelajaran PAI di Madrasah dan di Sekolah umum?.
Mengapa?.
4. Mengapa PAI Sering mengalami Pengulangan?.
|
MAKALAH & DISKUSI KELOMPOK
(1)
TELAT
|
6
|
Aspek Landasan (foundational aspect) dan Aspek Operational Bangunan
Pendidikan Islam
1. Aspek Landasan Pendidikan Islam
2. Aspek Operational Pendidikan Islam (Khususnya Di
Sekolah/Madrasah)
3. Problem landasan Pendidikan Islam dalam operasionalisasinya
|
MAKALAH & DISKUSI KELOMPOK
|
7
|
Isu-Isu Aktual Dalam Pendidikan Islam
Pertama: Pendidikan islam dan Karakter
1. Konsep Karakter?
2. Samakah Karakter Dengan Akhlak
3. Mengapa pendidikan karakter tidak/kurang berhasil?.
|
MAKALAH & DISKUSI KELOMPOK
|
8
|
Middle Test
|
Mahasiswa
|
9
|
Muraja’ah (Hasil Middle Test)
|
Dosen Dan Mahasiswa
|
10
|
Isu-Isu Aktual Dalam Pendidikan Islam
Kedua: Pendidikan Islam,
antara tradisi dan modernisasi
1.
Apakah tradisi dalam konteks Pendidikan
Islam?
2.
Apakah tradisi itu selalu
bersifat tradisional?. Ataukah tradisi itu adalah kebiasaan walaupun berbau
modern?.
3.
Mampukah Pendidikan Islam
mempertahankan tradisi positifnya, jika ya, apa buktinya, jika tidak,
mengapa??
4.
Mampukah Pendidikan Islam
merespon Modernisasi?. Jika mampu/belum mampu, bagian apa saja yang mampu dan
belum mampu direspon?.
5.
Bagimanakah upaya
pendidikan islam (sebagai lembaga: Misalnya: Madrasah atau Perguruan Tinggi)
mampu mempertahankan tradisi
positifnya di satu sisi dan merespon modernisasi di sisi lain?.
|
MAKALAH & DISKUSI KELOMPOK
|
11
|
Isu-Isu Aktual Dalam Pendidikan Islam
Ketiga: Analisis Kebijakan Nasional Dalam Pendidikan Islam:
a.
UUD 1945 Dan Implikasinya
Bagi Pendidikan Islam
b.
UUSPN Nasional 2003 Dan implikasinya
bagi Pendidikan Islam
|
MAKALAH & DISKUSI KELOMPOK
|
12
|
Isu-Isu Aktual Dalam Pendidikan Islam
Keempat: Analisis Kebijakan Nasional Dalam Pendidikan Islam:
Analisis UU Guru dan Dosen 2005
Dan Hubungannya Dengan Guru/Dosen Pendidikan Islam
|
MAKALAH & DISKUSI KELOMPOK
|
13
|
Isu-Isu Aktual Dalam Pendidikan Islam
Kelima: Analisis Kebijakan Nasional Dalam
Pendidikan Islam:
Analisis PP No.66 tahun 2010 Pengganti PP No. 17 2010 Tentang
Penyelenggaraan Pendidikan Dan Implikasinya Bagi Madrasah
|
MAKALAH & DISKUSI KELOMPOK
|
14
|
Isu-Isu Aktual Dalam Pendidikan Islam
Keenam: Analisis Kebijakan Nasional Dalam
Pendidikan Islam:
PP No. 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional (Khususnya STANDAR ISI)
Dan Implikasinya Bagi Lulusan Lembaga Pendidikan Islam (Madrasah)
|
MAKALAH & DISKUSI KELOMPOK
|
15
|
PERSIAPAN UAS (Kisi-Kisi)
|
Dosen Dan Mahasiswa
|
16
|
UAS
|
Mahasiswa
|
Golong 10 September
2012
Pengampu:
M. Iwan Fitriani, M.Pd