SAP KAPITA SELEKTA PAI


Ringkasan Syllabus
MATERI                : KAPITA SELEKTA PAI
Dosen Pembina                : M. Iwan Fitriani, M.Pd
Kelas                     : A dan B
Semester            : V
Ket                         :
1.       Pertemuan 1, 2 dan 3 mengunakan TCL dengan Metode Ceramah dan Tanya Jawab
2.       Pertemuan 4, 5 dan sampai materi berakhir mengunakan SCL dengan Metode Diskusi Antar Mahasiswa/i

NO
MATERI
KeT
1
KONTRAK BELAJAR
Dosen Dan Mahasiswa
2
Mengkaji Ulang (Rethinking) Makna Pendidikan Islam
1.       Pendidikan Islam Sebagai Lembaga
2.       Pendidikan islam sebagai Materi
3.       Pendidikan Islam Sebagai Aktivitas
4.       Pendidikan Islam sebagai Nilai
5.       Pendidikan islam sebagai Pemikiran/konseptual

Ceramah Dan Tanya Jawab
3
Paradigma Pemikiran Pendidikan Islam
1.       Paradigma Tradisional
2.       Paradigma Moderen
3.       Paradigma New Modernis
4.       Paradigma Liberal (aliran Kiri)
5.       Implikasi Paradigma Pemikiran Pendidikan Islam Terhadap Pendidikan Islam (PI) dan Pendidikan Agama Islam (PAI)

Ceramah Dan Tanya Jawab
4
Pendekatan Sistemik –Holistik dalam menelaah Idealita dan Realita Pendidikan Islam
1.       Makna Pendekatan Sistemik –Holistik
2.       Aspek ideal Pendidikan Islam
3.       Aspek Real Pendidikan Islam
4.       Gap (kesenjangan) antara aspek ideal dan Real
5.       Anasir/faktor faktor Gap (kesenjangan) antara idealita dan realita dalam Pendidikan Islam
6.       Pendekatan Holistik Sistemik : solusi alternatif

Ceramah Dan Tanya Jawab
5
PAI (sebagi materi) di Madrasah dan PAI (sebagai Materi) di sekolah Umum
1.       Mengapa PAI di Madrasah dirinci menjadi Akidah-Akhlak, SKI, Fiqh, Bahasa Arab dan Qur’an Hadits?
2.       Mengapa PAI di Sekolah umum hanya bernama PAI saja?
3.       Optimalkah Pembelajaran PAI di Madrasah dan di Sekolah umum?. Mengapa?.
4.       Mengapa PAI Sering mengalami Pengulangan?.

MAKALAH & DISKUSI KELOMPOK
(1)
TELAT

6
Aspek Landasan (foundational aspect) dan Aspek Operational Bangunan Pendidikan Islam
1.       Aspek Landasan Pendidikan Islam
2.       Aspek Operational Pendidikan Islam (Khususnya Di Sekolah/Madrasah)
3.       Problem landasan Pendidikan Islam dalam operasionalisasinya

MAKALAH & DISKUSI KELOMPOK
7


Isu-Isu Aktual Dalam Pendidikan Islam
Pertama: Pendidikan islam dan Karakter
1.       Konsep Karakter?
2.       Samakah Karakter Dengan Akhlak
3.       Mengapa pendidikan karakter tidak/kurang berhasil?.

MAKALAH & DISKUSI KELOMPOK
8
Middle Test
Mahasiswa
9
Muraja’ah (Hasil Middle Test)
Dosen Dan Mahasiswa
10
Isu-Isu Aktual Dalam Pendidikan Islam
Kedua:  Pendidikan Islam, antara tradisi dan modernisasi
1.          Apakah tradisi dalam konteks Pendidikan Islam?
2.         Apakah tradisi itu selalu bersifat tradisional?. Ataukah tradisi itu adalah kebiasaan walaupun berbau modern?.
3.         Mampukah Pendidikan Islam mempertahankan tradisi positifnya, jika ya, apa buktinya, jika tidak, mengapa??
4.         Mampukah Pendidikan Islam merespon Modernisasi?. Jika mampu/belum mampu, bagian apa saja yang mampu dan belum mampu direspon?.
5.         Bagimanakah upaya pendidikan islam (sebagai lembaga: Misalnya: Madrasah atau Perguruan Tinggi) mampu  mempertahankan tradisi positifnya di satu sisi dan merespon modernisasi di sisi lain?.

MAKALAH & DISKUSI KELOMPOK
11
Isu-Isu Aktual Dalam Pendidikan Islam

Ketiga: Analisis Kebijakan Nasional Dalam Pendidikan Islam:
a.       UUD 1945 Dan Implikasinya Bagi Pendidikan Islam
b.      UUSPN Nasional 2003 Dan implikasinya bagi Pendidikan Islam

MAKALAH & DISKUSI KELOMPOK
12
Isu-Isu Aktual Dalam Pendidikan Islam

Keempat: Analisis Kebijakan Nasional Dalam Pendidikan Islam:

Analisis UU Guru dan Dosen 2005  Dan Hubungannya Dengan Guru/Dosen Pendidikan Islam

MAKALAH & DISKUSI KELOMPOK
13
Isu-Isu Aktual Dalam Pendidikan Islam

Kelima: Analisis Kebijakan Nasional Dalam Pendidikan Islam:

Analisis PP No.66 tahun 2010 Pengganti PP No. 17 2010 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan Dan Implikasinya Bagi Madrasah

MAKALAH & DISKUSI KELOMPOK
14
Isu-Isu Aktual Dalam Pendidikan Islam

Keenam: Analisis Kebijakan Nasional Dalam Pendidikan Islam:
PP No. 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional (Khususnya STANDAR ISI) Dan Implikasinya Bagi Lulusan Lembaga Pendidikan Islam  (Madrasah)
MAKALAH & DISKUSI KELOMPOK
15
PERSIAPAN UAS (Kisi-Kisi)
Dosen Dan Mahasiswa
16
UAS
Mahasiswa


Golong 10 September 2012
Pengampu:


M. Iwan Fitriani, M.Pd